RUANG IKLAN

Contoh Aplikasi Excel Rapor / LHB Kurikulum 2013 SMK



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
dan Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

Halo rekan-rekan Pendidik dan Kependidikan apa kabar semua?
semoga kita semua selalu diberi kesehatan dalam menjalankan tugas mulia mencerdaskan anak bangsa. Dalam dunia pendidikan yang kita jalani saat ini setiap hari kita selalu dihadapkan dengan berbagai permasalahan dan dihadapkan pula (tidak bisa dihindari) setiap hari kita selalu menerima dan menghadapi sesama teman seprofesi, pihak Dinas Pendidikan dari berbagai tingkatan, anak didik, dan bahkan orang tua peserta didik yang notabene adalah customer kita.

Setiap akhir semester bahkan setiap 3 bulan sekali (Tengah Semester) secara resmi bagi rekan-rekan yang menjalankan tugas di bagian Kurikulum baik itu Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Staff Kurikulum dan bahkan Wali Kelas senantiasa menjalankan rutinitas melaporkan perkembangan dan hasil pencapaian Peserta Didik kepada orang tuanya dalam bentuk lisan dan tentunya tulisan berbentuk Rapot atau Laporan Hasil Belajar (LHB).

Singkat kata dalam penyampaian Rapot atau LHB dari semester ke semester lainnya secara prosedur hampir sama yakni mengundang orang tua peserta didik atau langsung kepada peserta didik bersangkutan bahkan langsung keduanya, akan tetapi dalam penyusunan / pembuatan Rapot tersebut terkadang menjadi masalah tersendiri, masalah-masalah tersebut timbul dari hal teknis juga non-teknis. Secara teknis penyusunan laporan hasil belajar kita mengacu dari aturan yang diberikan oleh pihak Dinas Pendidikan di daerah masing-masing atau Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) namun masalah lain yang muncul adalah kecocokan bentuk atau format yang diberikan oleh kedua pihak tersebut kadang kurang sesuai dengan selera kebijakan sekolah masing-masing.

Pertanyaanya adalah: Bolehkah kita mengubah atau membuat sendiri format Rapot tersebut                                          sesuai keinginan sekolah masing-masing?
Jawabannya             : Menurut saya pribadi yang sudah lebih dari 5 tahun menggeluti pekerjaan                                    tersebut boleh dan sah saja selama secara standar resmi atau semua jenis                                      informasi yang harus disampaikan kepada orang tua atau peserta didik                                        tercantum di Rapot kita tentunya rapi dan enak dilihat. 

Sejauh pengalaman saya membuat format Rapot tersebut selalu saya awali dengan mengacu pada format yang diberikan oleh pihak Dinas, akan tetapi bentuk penyajiannya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dengan memepertimbangkan hal-hal teknis sebagai berikut: Format Kertas, Jumlah halaman yang dipakai per semester per-peserta didik, serta yang tidak kalah penting informasi yang wajib apa sajakah yang harus kita sampaikan, mulai dari nilai akademis (belajar di kelas), non akademi (ekstrakurikuler), nilai Prakerin, dan nilai lainnya seperti catatan kasus atau sekedar pesan kepada orang tua peserta didik.

Pada akhirnya semua itu tergantung kepada kebijakan masing-masing satuan pendidikan ya...!!

Berikut saya share Format LHB / Rapot dalam bentuk Excel yang selama 5 tahun terakhir ini sekolah saya pakai, boleh dijadikan sebagai acuan atau sekedar referensi saja. LENGKAP DENGAN MATA PELAJARAN BESERTA DESKRIPSINYA.
Silahkan disedot dengan mengklik langsung link di bawah ini, kemudian tunggu sekitar 5 detik iklan di adf.ly.

SEMESTER GANJIL

SEMESTER GENAP

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Aplikasi format rapot excel lengkap beserta contoh rumus pembuatannya silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa berlangganan di situs ini ya untuk format pendukung pendidikan lainnya.

Postingan Terkait:
FORMAT RAPORT SMK KURIKULUM KTSP EXCEL

No comments

Powered by Blogger.